-->
  • Produk Barang dan Jasa

     

    Pengertian produk menurut Alma (2004:139) adalah seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud, termasuk didalamnya warna, harga, nama baik pabrik, nama baik toko yang menjual (pengecer), dan pelayanan pabrik serta pelayanan pengecer, yang diterima oleh pembeli guna memuaskan keinginannya. 
    Menurutt Kotler dan Armstrong dalam Ginting (2011:90), pengertian produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk perhatian, penggunaan dan konsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Produk dalam arti yang luas mencakup komponen fisik, jasa, orang, organisasi, gagasan, atau gabungan dari semuanya. Menurut Alma (2004:141), ada beberapa tingkatan produk, sedangkan untuk tiap tingkatan ada nilai tambahnya. Pembagian tingkatan produk sebagai berikut: 
    1. Produk utama atau inti (core benefit) adalah produk yang manfaat sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap produk atau yang paling dasar dari produk adalah manfaat inti. Contohnya dalam bisnis makanan dan minuman.
    2. Produk generik (generic product) adalah produk dasar yang mampu
    memenuhi fungsi produk yang paling dasar (rancangan produk minimal agar dapat berfungsi) atau bentuk dasar dari suatu produk yang dapat dirasakan oleh panca indra. Produk makanan dan minuman yang sudah terkenal biasanya mempunyai merek tertentu, sehingga merek tersebut akan selalu mudah diingat oleh konsumen.


    3. Produk harapan (expected product) adalah produk formal yang ditawarkan pada konsumen dengan berbagai atribut dan kondisinya layak diharapkandan disepakati untuk dibeli.
    4. Produk makanan dan minuman (food & beverage) yang dibeli wajib
    mengutamakan mutu, kualitas, kebersihan, dan jaminan kehalalan yang
    dapat dipertanggung jawabkan kepada konsumen.
    5. Produk pelengkap (augmented product) adalah berbagai atribut produk yang mendapat tambahan pelengkap meliputi berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan produk pesaing. Produk makanan dan minuman yang dijual juga harus disertai dengan jaminan. Hal ini bertujuan agar konsumen lebih yakin dengan produk tersebut.
    6. Produk potensial (potential product) adalah segala macam tambahan dan
    perubahan yang mungkin dikembangkan untuk suatu produk dimasa
    mendatang. Produk makanan dan minuman yang sudah ada dikembangkan
    lagi sesuai dengan permintaan konsumen dan penambahan daerah
    pemasaran.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Powered by Blogger.

Comments

Facebook

Featured Post

PROSES KERJA PEMBUATAN PROTOTYPE PRODUK BARANG/JASA

Setiap tahapan dalam proses pengembangan konsep melibatkan banyak bentuk model dan prototipe. Hal ini mencakup, antara lain model pembuktian...

Find Us On Facebook

Tags

Ad Home

Featured Video

Featured Video

Follow Us

Random Posts

Sponsor

Recent Posts

Technology

About & Social

Gallery

Recommended Posts

randomposts

Sponsor

AD BANNER

Popular Posts

Featured