Istilah promosi pasti sudah sering sekali kita lihat dan kita dengar setiap hari di sekitar kita, mulai dari obrolan teman atau keluarga, dari media cetak, dari papan reklame atau papan iklan di jalan, dari radio, dari televisi, hingga internet, dan masih banyak lagi. Tetapi mungkin masih banyak dari kita yang belum tahu dengan jelas apa itu pengertian promosi, jenis-jenisnya, tujuannya, dan contoh-contoh kongkret mengenai promosi ini. Pada artikel berikut ini akan dijelaskan mengenai hal-hal tersebut.
Pengertian Promosi
Berikut ini merupakan beberapa pengertian promosi yang diambil dari beberapa sumber yang terpercaya :
Dari platform Wikipedia dijelaskan bahwa promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Promosi merupakan salah satu d
ari empat elemen dasar pemasaran, yang mencakup empat P yaitu price, product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan tempat. Promosi juga mencakup metode komunikasi yang digunakan oleh pemasar untuk memberikan informasi tentang produknya. Informasi bisa bersifat verbal maupun visual.
Sedangkan pada Wikipedia Indonesia, pengertian promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan pada produk mereka.
Ahli pemasaran Harper Boyd mendefinisikan promosi sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan. Pakar pemasaran lainnya yaitu Boone dan Kurtz, mendefinisikan promosi sebagai proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
Sesungguhnya ada banyak versi pengertian promosi yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran di seluruh dunia, tetapi kesimpulannya kurang lebih sama, yaitu promosi adalah untuk memberitahukan, menginformasikan, menawarkan, membujuk, atau menyebarluaskan produk atau jasa kepada calon konsumen dengan tujuan supaya calon konsumen tersebut pada akhirnya dapat membeli produk yang kita tawarkan.
Tujuan Promosi
Produsen melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi yang sudah kami rangkuman dari berbagai sumber adalah :
1. Untuk menyebarkan luaskan informasi produk kepada calon konsumen yang potensial
2. Untuk mendapatkan konsumen baru sekaligus menjaga loyalitas konsumen tersebut
3. Untuk menaikkan penjualan yang berdampak pada naiknya laba/keuntungan
4. Untuk membedakan dan menunjukkan keunggulan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor
5. Untuk membentuk citra (branding) produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
6. Untuk mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk
Kesimpulannya, tujuan utama kegiatan promosi adalah produsen atau distributor akan mendapatkan kenaikan angka penjualan dan meningkatkan profit atau keuntungan
No comments:
Post a Comment